Techie Update

Artikel Seputar Dunia Teknologi

ACER Aspire 4820TG Timeline X

X-Trem Performance


Ringan, tipis, dan handal itulah sekilas pandang terhadap lineup produk Acer terbaru yang bertajuk Timeline X. Bahkan Acer menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti daya tahan baterai 8 jam dan switchable graphics. Ingin tahu seperti apa kehebatan seri Timeline X ini? Berikut adalah ulasannya. [Octa]

Ultra Thin Design

Acer mendesain Timeline X secara apik dengan menggunakan material pilihan yang terbuat dari alumunium di seluruh bodinya, dengan demikian bagian luarnya tidak akan cepat kotor ataupun tidak meninggalkan bekas sidik jari. Sedangkan dimensinya sendiri terbilang cukup tipis (30 x 342 x 245mm), sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Hal inilah yang menjadi daya tarik notebook yang hanya memiliki ketebalan sekitar 3cm ini. Dari sektor keyboard, Timeline X menggunakan model water-lily sehingga sela-selanya mudah dibersihkan dan terasa cukup nyaman di ujung jari, meskipun digunakan untuk mengetik dengan cepat. Kendati bentuk Timeline X terbilang tipis, namun bukan berarti kemampuannya tidak optimal.

Great Performance

Ketika pertama kali GADGET melihat Timeline X ini, spesifikasi medium terlihat jelas menempel di bodinya. Dibekali dengan baterai 6 sel, notebook ini diklaim dapat bertahan selama 8 jam. Akan tetapi daya tahan baterainya tersebut tidak mutlak, melainkan tergantung dari pengaturan yang dilakukan, maupun kondisi selama pengoperasiannya.

Pada bagian prosesor, Acer memilih Intel Core i5 2,26GHz untuk menjadi ‘otak’ dari segala pengoperasian Timeline X yang dibekali dengan memori 4GB DDR3 ini. Sekedar informasi, Intel Core i5 yang digunakan oleh Timeline X memiliki fitur Turbo Boost sehingga clocknya bisa dinaikkan menjadi 2,53GHz (+270 MHz), sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tak cukup sampai disitu, Acer pun memilih untuk untuk menggunakan ATI Mobility Radeon HD5470 512MB yang memiliki kemampuan HyperMemory hingga 2203MB sebagai pelengkap kebutuhan multimedia. Dengan spesifikasi tersebut, kami tergiur untuk menjajal kemampuan Timeline X ini.

Tak ingin membuang kesempatan, kami mulai melakukan pengujian dengan memainkan game 3D, seperti Left 4 Dead 2. Pada percobaan pertama, kami sengaja memilih untuk menggunakankartu grafis onboard, GPU Intel GMA HD 512MB. Sedangkan pengaturan tampilan detilnya yang ada di dalam game diubah menjadi High. Alhasil, gerakan para zombie tidak terlalu luwes dan kerap kali terasa nge-lag, sehingga permainan kurang begitu menyenangkan. Akan tetapi begitu pengaturan detil diubah menjadi Low, tingkat agresivitas zombie semakin buas dan permainan semakin seru. Pada percobaan kedua, kartu grafis onboard kami switch ke mode ATI Mobility Radeon HD5470. Sedangkan tampilan detilnya diubah menjadi High. Dan hasilnya cukup menggembirakan, dimana semua gerakan permainan Left 4 Dead 2 tidak nge-lag dan tampilan grafisnya cukup detil.

Percobaan berikutnya, kami menggunakan game yang cukup populer, Star Craft 2. Ketika memainkan game tersebut, kartu grafis onboardnya justru terkesan hilang kemampua. Kendati pengaturan displaynya diubah ke low, gambarnya tetap mengalami lag yang cukup parah. Kami memutuskan untuk mengubah mode kartu grafisnya ke ATI Mobility Radeon, dan tampilan displaynya diubah ke high. Sangat disayangkan, meskipun tampilannya cukup detil, namun pergerakan karakternya kurang memuaskan. Maka kami memutuskan untuk mengubah tampilannya ke tingkat Medium, dan hasilnya kartu grafis ATI Mobility Radeon dapat memberikan pengalaman FPS yang cukup nyaman di mata.

Setelah asyik bermain game 3D, kami mencoba memutar film dari DVD orisinal untuk melihat kualitas warna layarnya. Hasilnya cukup mengejutkan. Tampilan gambar yang dihasilkan dari layar HD LED LCD berukuran 14 inci ini terlihat cemerlang dan warna-warni yang dihasilkan tidak mengalami penurunan kualitas pada gambar. Terlebih lagi ketika menggunakan ukuran resolusi 16:9 HD yang mampu memberikan tampilan layar sinematik. Ditambah lagi dengan teknologi Dolby Home Theater v3 atau Dolby Sound Room yang terdapat didalam notebook ini sehingga dapat memberikan efek simulasi channel 5.1 pada speaker bawaan Timeline X, maupun melalui headphone.
Hal tersebut semakin menambah seru suasana menonton film, bermain game, maupun sekedar mendengarkan musik.

Secara keseluruhan, kemampuan Timeline X benar-benar sesuai dengan spesifikasi yang dibenamkan kedalamnya, performa yang handal dan kencang dengan fitur-fitur yang lengkap pun menjadi andalan. Dan dengan dimensi serta bobotnya yang cukup compact, Timeline X asyik untuk dibawa kemana saja, entah itu untuk sekedar hang out atau berurusan dengan pekerjaan.

Connectivity

Berbagai perangkat penghubung, disediakan di dalam Acer Timeline X ini. Sebut saja, seperti 1 HDMI, 4 USB, 1 VGA, 1 Kensington Lock,Headphones/Line-out (including S/PDIF), Microphone, Card Reader: MMC, SD, MS, MS Pro, xD. Tak lupa berbagai pendukung jaringan nirkabel pun disematkan kedalamnya, seperti Atheros AR8151 PCI-E Gigabit Ethernet Controller, Atheros AR5B93 Wireless Network Adapter (a/b/g/n), dan 2.1 Bluetooth. Dengan berbagai macam kelengkapan tersebut, Inspire 4820TG  Timeline X dapat diandalkan kapan pun dan dimanapun. Terlebih lagi dengan berbagai macam fitur yang ada didalamnya, hal ini cocok untuk digunakan memenuhi kebutuhan Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

SPECIFICATIONS
Processor: Intel Core i5 430M
Memory: 4 GB DDR3
VGA: Switchable antara ATI 5470 dengan Intel HD graphics
Harddisk: 640 GB
Display: 14” Glossy
Optical Drive: Built-in DVD-RW Super multi
Connectivity: Wi-Fi, Bluetooth, LAN
Slot: Card reader
USB port: 4
Video output: HDMI, D-SUB (VGA)
Battery: 6 cell (6000 mAH)
Weight: 2.1 Kg

+
Switch graphic cukup berguna
Tampilan kartu grafis handal
Baterai cukup awet
Performa patut diacungi jempol


Layarnya yang glossy cukup mengganggu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 11, 2010 by in review and tagged , , .
%d bloggers like this: