Techie Update

Artikel Seputar Dunia Teknologi

Acer Stream

Entertain Yourself

Bagi Anda yang menginginkan sebuah ponsel Android, kini bisa semakin lengkap pilihannya. Acer belum lama ini memperkenalkan sebuah jajaran smartphone Android terbaru yang bertajuk Acer Stream. [Octa]

 

Acer Stream merupakan sebuah ponsel pintar yang memiliki fitur full entertainment. Dikemas dengan bentuk yang ‘kotak’ untuk memberikan kesan macho, Acer Stream ditujukan bagi Anda yang menginginkan sebuah smartphone dengan performa luar biasa. Kendati Acer Stream hadir di pangsa pasar Indonesia dengan mengusung OS Android 2.1 (Eclair), OS tersebut bisa diupgrade ke seri Froyo (Android 2.2).

 

Macho Design

Tidak seperti para kompetitornya yang mendesain jajaran smartphone Android mereka dengan bentuk yang apik maupun berlekuk, desain Acer Stream justru terlihat lebih monoton. Meski demikian, kesan gagah terlihat pada desain yang sebagian besar bodinya menggunakan materi aluminium hitam dengan efek glossy di bagian depannya. Untuk memudahkan dibawa kemana saja, Acer menyiapkan Stream dengan dimensi yang ramping (119.5 x 63 x 11.2 mm) dan ergonomis. Bahkan bobotnya pun terbilang ringan, yakni sekitar 140 gram.

Pada sektor layar, Acer Stream menggunakan ukuran 3,7 inci yang terasa cukup lega untuk digunakan browsing di dunia maya. Teknologi AMOLED yang dimiliki Stream memberikan kepuasan tersendiri bila digunakan untuk melihat foto maupun menonton video dari berbagai situs yang ada di dunia maya. Pancaran warna yang dihasilkan dari layarnya terlihat lebih ‘hidup’ dan nyaman di mata. Dan meskipun desainnya terkesan macho, namun tak ada salahnya bila kaum Hawa pun memiliki smartphone ini.

Selain layar sentuh, Acer membenamkan empat tombol pengatur navigasi, seperti Home, Search, Back dan Menu. Dibawah keempat tombol tersebut, terlihat tiga tombol lagi. Ketiga tombol tersebut berguna untuk pendukung multimedia. Anda dapat memutar, memilih, dan menghentikan lagu. Sehingga Anda dapat mengatur lagu mana yang hendak didengar tanpa perlu masuk ke dalam menu pemutar musiknya.

Great Performance

Kemampuan yang handal menjadi salah satu pertimbangan orang sebelum membeli smartphone. Acer Stream bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Apa pasalnya? Prosesor berkekuatan 1GHz adalah kuncinya. Acer memilih untuk menggunakan Qualcomm Snapdragon QSD8250 sebagai ‘otak’ dibalik kecerdasan Stream. Agar lebih maksimal, RAM sebesar 512MB dan graphics accelerator pun dipersiapkan untuk mendongkrak kemampuan Stream. Apalah artinya sebuah prosesor yang besar tanpa didukung dengan kemampuan sistem operasi yang memadai?

Android 2.1 tampaknya menjadi pasangan yang tepat untuk perangkat hardware yang dimiliki oleh Acer Stream ini. Alhasil, ketika masuk ke menu utama, Anda tidak akan mengalami lag. Bahkan kemampuan multitaskingnya pun patut diacungi jempol. Anda dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus dan tidak tersendat-sendat. Untuk memudahkan pengoperasian smartphone ini, fitur layar sentuhnya dapat melakukan multitouch yang dibekali dengan kemampuan pinch zoom. Sebagai catatan, bagi Anda yang belum terbiasa dengan tampilan Android sebelumnya, bersiaplah sedikit terkejut dengan tampilan antarmuka milik Android Éclair, karena Anda akan sedikit kerepotan untuk memilih menu yang diinginkan. Seolah-olah, Anda sedang bermain rubik.

Multimedia

Di bagian kameranya, Acer hanya membenamkan kamera 5MP tanpa lampu flash. Hal ini serupa dengan seri pendahulunya; Liquid E, sehingga hasil jepretan kameranya tidak direkomendasikan untuk mengambil gambar dalam ruangan atau indoor. Kendati demikian, berbagai macam fitur pendukung kamera turut dibenamkan ke dalam Stream. Sebagai contoh, autofokus dan geo-tagging. Ketika diujicoba, fitur autofokusnya dapat bekerja dengan baik dan mengabadikan gambar dengan lebih gesit. Anda dapat merekam gambar bergerak sekitar 720p dengan kecepatan 24 fps cukup melalui menu video. Hasilnya tidak begitu mengecewakan, dimana rekaman video yang dilakukan di luar ruangan dapat terlihat dengan jelas dan terang. Dan Anda dapat berbagi hasil rekaman videonya dengan kerabat maupun kerabat keluarga melalui TV.

Dibalik bodi Acer Stream ini, terdapat tulisan Dolby Mobile. Tulisan tersebut bukan serta-merta hanya sebagai hiasan. Suara yang dihasilkan oleh Stream ini memang sangat stereo. Dengan catatan, suara Dolby dapat didengar bila Anda menghubungkan melalui koneksi micro HDMI yang telah tersedia. Bahkan pengaturan untuk suara stereonya, disediakan menu settingan audio yang mampu mengeluarkan 5.1 channel HD audio.

Let’s Browse

Sebagai sebuah smartphone yang mengadopsi sistem operasi Google, kemampuan untuk berselancar di dunia maya tidak perlu diragukan lagi. Perangkat penghubung ke dunia maya terbilang cukup lengkap. Sebut saja Wi-Fi 802.11 b/g/n yang memungkinkan untuk berjalan di lebar pita dengan kecepatan tinggi. Sebagai alternatif, Anda dapat menikmati jaringan 3G HSDPA dengan kecepatan hingga 7,2Mbps, maupun jalur HSUPA 2,0Mbps. Sedangkan browser yang dipergunakan oleh Stream, masih menggunakan milik Google. Namun sangat disayangkan, Acer Stream belum dilengkapi dengan kemampuan untuk menikmati tampilan Flash, sehingga Anda hanya dapat menikmati siaran video streaming milik Google, seperti YouTube. Bagi Anda pecinta jejaring sosial, Facebook dan Twitter sudah tersedia didalamnya. Sehingga Anda tetap dapat mengupdate status dari Stream.

+
Performanya yang responsif
Kualitas gambar di layar sekelas HD
Fitur yang menarik


Pemuas fotografi kurang terpenuhi
Baterainya tergolong cukup boros
Tampilan user interface yang sedikit membingungkan

SPECIFICATIONS

Network: GSM 850/900/1800/1900; HSDPA 2100
Display: AMOLED 3,7” (480 x 800 pixels) capacitive touchscreen, 16M warna
Dimensions: 119,5 x 63 x 11,2 mm
Weight: 140 gr
Memory : 2 GB storage, 256MB RAM, 512 MB ROM (internal); microSD up to 32GB (eksternal)
Connectivity: Bluetooth v2.1 A2DP, HSDPA 7,2 Mbps, HSUPA 2.0 Mbps, SMS, MMS, Email, Push Email, IM, Micro USB, WiFi 802.11 b/g/n, HTML, etc.
Camera: 5 MP, 2560х1920 pixels, autofocus, geo-tagging, image stabilization
Features: Android OS, v2.1 (Eclair), upgradable, Qualcomm Snapdragon QSD8250 1 GHz processor, A-GPS support, Micro HDMI port, YouTube, Google Talk, Picasa integration, Document viewer (Word, Excel, PowerPoint, PDF), Stereo FM radio with RDS
Battery: Li-Ion 1400 mAh; Standby : 400 h; Talk time:  5 h

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 11, 2010 by in review and tagged , , , , .
%d bloggers like this: