Techie Update

Artikel Seputar Dunia Teknologi

BlackBerry Torch 9800

Business User Oriented


 

Setelah sekian lama desas-desus kemunculan BlackBerry Slider beredar di dunia maya, akhirnya Research In Motion mengungkapkannya. RIM memperkenalkan varian terbaru dari jajaran smartphone BlackBerry yang diberi nama BlackBerry Torch 9800 dengan berbagai macam fitur yang menarik dan unik didalamnya.

BlackBerry Torch yang sebelumnya pernah diisukan sebagai BlackBerry Slider 9800 yang ‘hanya’ dijual melalui provider AT&T. Namun pada kenyataannya, BlackBerry yang fenomenal ini dijual hampir di seluruh dunia melalui perpanjangan ‘tangan’ operator telekomunikasi di masing-masing negara. Kali ini BlackBerry Torch keluaran Indosat yang saya dapat. Seperti apa performance si ‘Obor’ ini?. Berikut adalah jawabannya. [Octa]

‘Hybrid’ Design

Tak seperti kebanyakan produk BlackBerry yang didesain bermodelkan flip maupun candybar, kali ini RIM menghadirkan varian terbaru dari BlackBerry yang menggunakan desain hybrid. Apa sih desain hybrid itu? Sebagian besar ponsel up-slider tidak dilengkapi dengan fitur full touchscreen, namun BlackBerry Torch berbeda. Anda tetap dapat mengoperasikan layar sentuhnya dalam keadaan tertutup maupun ketika sedang digeser ke atas. Sehingga Anda bisa memilih menu yang diinginkan dengan cepat dan tidak terbatas dalam kondisi apapun.

Sedangkan dari segi dimensi (111mm x 62mm x 14,6 mm), Torch memiliki ukuran yang menyerupai BlackBerry Storm 2 (112,5 x 62,2 x 14 mm). Hanya saja kali ini, RIM memilih untuk tidak menggunakan fitur layar sentuh berjenis sure-press. Sehingga cukup melalui ujung jari (capacitive touchscreen), para penggunanya dapat menjelajahi seluruh menu yang ada di dalam Torch tanpa harus menekan layar layaknya BlackBerry Storm. Torch dibalut dengan warna hitam yang menawan dan ditambah dengan listing krom di sepanjang sisinya untuk memberikan kesan mewah nan elegan dan menambah nilai prestige bagi para penggunanya. Agar tidak selip ketika tangan dalam kondisi basah atau berkeringat, bagian belakang Torch dibekali dengan tutup battery door yang bermotif guratan dengan bahan khusus.

New OS

 

Satu hal yang dinilai cukup istimewa perihal kehadiran BlackBerry Torch. Bukan saja desainnya yang spesial melainkan sistem operasi yang digunakannya. Torch merupakan BlackBerry pertama yang menggunakan sistem operasi terbaru 6.0. Rumor berita kehadiran OS 6.0 sudah lama beredar di dunia maya, dan kini OS tersebut dibenamkan oleh RIM ke dalam BlackBerry Torch. Apa keistimewaan OS 6.0?

Di dalam OS 6.0, RIM tidak menyediakan ikon di halaman homescreen. Hal ini membuat tampilan homescreen BlackBerry Torch lebih rapi dan simple. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih aplikasi yang diinginkan, cukup melalui menu kategori yang ada, seperti All, Favorites, Home, Media, Download, dan sebagainya. Sehingga Anda cukup menggeser ke kiri ataupun ke kanan pada halaman kategori untuk memilih jenis aplikasi yang akan dijalankan. Dan bila ingin melihat aplikasi apa saja yang ada di dalam menu kategori tersebut, Anda cukup mem-pop up halaman kategori tersebut dengan menggesernya ke atas ataupun ke bawah. Apabila ada e-mail ataupun sms yang masuk, Anda cukup menekan ikon notification yang ada dan seketika menu pop-down akan muncul menampilkan jenis pesan yang baru diterima.

Apakah hanya itu saja? Tidak. RIM menyediakan menu pop-up berdasarkan gesture. Apabila Anda menekan atau men-tap layar Torch dalam jangka waktu tertentu akan muncul sembilan menu pop-up. Sebagai contoh, apabila Anda menerima e-mail dan ingin mereply e-mail tersebut, cukup mentap beberapa detik pada bagian nama si pengirim e-mail. Akan muncul sembilan menu yang dapat dipilih, seperti Call, Copy, Email, SMS, dan sebagainya. Pada bagian browser, OS 6.0 terbilang sudah mendukung web 2.0. Sehingga Anda dapat melihat tampilan sebuah situs dengan full page dan dapat memperbesar tampilan gambar yang ada di dalam situs tersebut. Selain itu, Anda dapat membuka tab halaman browser lebih dari dua dan cukup menggeser tab-tab tersebut untuk memilih halaman situs yang diinginkan.

Social Networking

Bagi Anda penggila situs jejaring sosial, BlackBerry Torch sudah menyediakannya. Melalui menu Social Feeds, Anda bisa memantau notification dari beberapa aplikasi social networking, seperti Facebook, Twitter, Myspace, BBM, AIM, dan masih banyak lagi. Sehingga apabila ada notification baru, Anda tidak perlu mengecek satu per satu pada aplikasi jejaring sosial tersebut. Cukup melalui menu Social Feeds, Anda dapat langsung menuliskan apa yang hendak ditulis dan membalas semua pesan yang masuk ke akun jejaring sosial yang Anda miliki. Fitur ini belum dimiliki oleh BlackBerry jenis lainnya.

Camera

BlackBerry Torch menggunakan kamera beresolusi yang cukup besar, yakni 5MP. Untuk mempertajam hasil foto, RIM menyematkan fitur autofocus dan lampu LED Flash yang cukup terang. Sedangkan untuk mengakses menu kamera dengan cepat, Anda dapat memanfaatkan tombol shortcut yang berada di sebelah kiri bodi. Tinggal sekali tekan, Anda dapat mengaktifkan fitur kameranya. Hanya saja, ketika Anda men-switch ke menu video, tombol shortcut tersebut tidak dapat digunakan untuk mengaktifkan perekam video, melainkan Anda akan kembali ke menu kamera. Ditelusuri lebih jauh lagi, di dalam fitur kamera terdapat beberapa mode pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan tempat objek foto yang akan diambil, seperti Auto, Face Detection, Portrait, Sports, Landscape, Party, Close-up, Snow, Beach, Night, dan Text.

Music Player

 

Fitur pemutar musik digital, turut mengalami perubahan baik dari segi penyusunan list lagu maupun tampilan antarmukanya. Bagi Anda yang pernah melihat tampilan antarmuka pemutar musik pada iPhone, Anda tak kan asing lagi begitu melihat tampilan UI (User Interface) music player BlackBerry Torch. Tentu saja Anda harus memasukkan cover album yang sesuai dengan list yang ada di dalam pemutar musik tersebut agar tidak membingungkan ketika Anda memutar lagu.

Secara keseluruhan, BlackBerry Torch memberikan ‘warna’ tersendiri di kalangan smartphone khususnya jajaran produk BlackBerry. Hanya saja terasa ganjil dengan kehadiran touchpad yang masih dibenamkan di bawah layar. Padahal layar sentuh yang digunakan oleh Torch terbilang sudah cukup handal dan dapat memenuhi kebutuhan pengoperasian smartphone ini.

+
Tampilan UI yang menarik
Hasil fotonya tidak mengecewakan
Desainnya yang unik


Bila menggunakan jaringan 3G, baterainya cepat terkuras
Layarnya yang glossy suka meninggalkan bekas sidik jari
Touchpad yang terasa ‘mubazir’
Masih sering nge-lag

SPECIFICATIONS

Network: GSM 850/900/1800/1900; HSDPA 2100
Display: TFT resistive touchscreen 3,2” (360 x 640 pixels), 16 M colors
Dimensions: 111 x 62 x 14,6 mm
Weight: 161 gr
Memory : 512MB RAM, 512MB ROM (internal); MicroSD 4GB (eksternal)
Connectivity: GPRS Class 10, Bluetooth v2.1 A2DP, SMS, MMS, Email, WiFi 802.11 b/g/n, microUSB v2.0,  Browser HTML, etc.
Camera: 5 MP (2592х1944 pixels), Autofocus, LED flash, Geo-tagging, etc
Features: Media player, 3.5mm Jack audio, Social Feeds, BlackBerry Maps, Document Viewer, Video Player, etc
Battery: Li-Ion 1300 mAh; Standby : 432 h; Talk time:  5 h

One comment on “BlackBerry Torch 9800

  1. Ibnoe Putra Sirait
    September 9, 2011

    i Like BlackBerry Torch.
    pencinta BlackBerry Torch.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 11, 2010 by in review and tagged , , , , .
%d bloggers like this: