Techie Update

Everything About Technology

Nokia Lumia 800

The New Raising Star
Harga: Rp. 5.000.000,-

Nokia berusaha bangkit setelah terseok-seok bertarung di jagat smartphone. Bila dulu Nokia bisa membanggakan diri dengan sistem operasi legendarisnya, Symbian. Kini, tampaknya mereka mengubah strategi agar dapat merebut kembali pasar yang telah disesaki oleh beragam vendor dengan sistem operasi terbaru. Nokia menjatuhkan pilihan kepada Windows Phone untuk mendongkrak citra dan memperbaiki kinerja ponsel pintar terbaru mereka. [Octa]

Adalah Lumia 800 yang didapuk menjadi “senjata” andalan terbaru Nokia. Bila melihat bentuknya secara fisik, Anda akan teringat dengan bentuk Nokia N9 yang lebih dulu muncul dengan sistem operasi unik, MeeGo. Tak lama setelah Nokia memperkenalkan N9, mereka kembali memperkenalkan smartphone terbaru mereka yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 7.5 atau dikenal dengan nama Mango. Lantas, apa sebenarnya keistimewaan smartphone yang merupakan seri breakthrough dari vendor asal Finlandia. Berikut adalah ulasannya untuk Anda.


NEW DESIGN AND MATERIAL

Tidak seperti halnya jajaran ponsel Nokia lainnya, seri Lumia 800 memiliki desain yang terbilang “melanggar” aturan mereka sendiri. Hal ini terbukti dari semua sudut yang ada di smartphone Windows Phone ini. Seperti yang Anda lihat, seri Lumia 800 memiliki sudut atau siku yang tajam, sehingga terkesan smartphone ini berbentuk kotak. Bila ditarik ke belakang, jajaran ponsel Nokia sebelumnya tidak memiliki sudut atau siku yang kotak sehingga terlihat elegan dan tidak kaku. Kendati demikian, Nokia Lumia 800 tetap terlihat menarik dan catchy.

Dari segi dimensinya, Lumia 800 terbilang pas dengan ukuran tangan, yakni sekitar 116,5 x 61,2 x 12,1 mm. Sedangkan bobotnya tergolong ringan, yakni sekitar 142 gram yang memudahkan Anda untuk membawa smartphone ini kemana saja dengan mudah, bahkan bisa disimpan ke dalam saku pakaian maupun celana tanpa mengorbankan kenyamanan Anda. Layarnya yang berukuran 3,7 inci menurut kami cukup cukup lega untuk menonton video streaming, berselancar di dunia maya, maupun melihat beragam foto. Dan berkat penggunaan kaca ClearBlack TFT memudahkan Anda untuk menggunakan smartphone ini meskipun di bawah terik sinar matahari.

Ada satu hal yang menarik, dimana Nokia mendesain seri Lumia 800 dengan menggunakan material polycarbonate yang memberikan kesan sebuah smartphone berkelas tinggi. Selain itu, berkat menggunakan material polycarbonate, bodi smartphone ini tahan banting dan ringan. Bila Anda menggores bodinya, warna yang terlihat digoresannya tersebut sama dengan warna bodinya yang terlihat secara kasat mata. Nokia Lumia 800 adalah satu-satunya smartphone yang menggunakan material polycarbonate ini.

Kelebihan penggunaan material polycarbonate adalah lebih kuat dalam penerimaan sinyal. Nokia mengklaim berkat menggunakan material tersebut, Lumia 800 mampu menerima sinyal dengan baik bila dibandingkan dengan smartphone lainnya yang tidak menggunakan material konvensional dimana terdapat material metal yang mampu memantulkan sinyal atau gelombang radio sehingga mengurangi kualitas sinyal.

Penempatan tombol operasional yang dimiliki oleh Nokia Lumia 800 hanya terletak di sebelah kanan. Selain itu, di bagian bawah layarnya terlihat tiga tombol serbaguna yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti, back, masuk ke menu utama, dan mengaktifkan menu search. Di bagian atasnya, Anda dapat menemukan port micro USB yang memiliki fungsi serbaguna, serta port microSIM. Ya, Nokia Lumia 800 menggunakan microSIM yang sudah lebih dulu digunakan oleh para kompetitornya. Secara keseluruhan, desain dan penampilan Nokia Lumia 800 terbilang sempurna untuk sebuah smartphone kelas premium. Hanya saja, kami menyoroti satu hal yang sedikit mengganggu di bagian back panel kamera yang terbuat dari plat stainless steel tersebut bisa dengan mudah tergores. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menaruh Nokia Lumia 800 ini tidak disembarang tempat agar bagian belakangnya tidak cepat tergores.

LIVE TILES AND ME TILES

Keunggulan seri Lumia 800 adalah menggunakan sistem operasi terbaru keluaran Microsoft, Windows Phone 7.5. Setelah bertahun-tahun bertahan  menggunakan sistem operasi Symbian, Nokia mempertimbangkan untuk menggunakan Windows Phone. Nokia mengklaim bahwa Windows Phone adalah sistem operasi yang tepat untuk digunakan pada jajaran smartphone terbaru mereka agar dapat berkompetisi dengan para kompetitor lainnya yang menggunakan sistem operasi Android, maupun iOS.

Sebelum kami menelusuri lebih jauh, kami tertarik dengan sistem Startup yang dimiliki oleh smartphone yang satu ini. Bila Anda menghidupkan pertama kali, Anda akan menemui sistem yang menyerupai Dialog Box yang berciri khas sistem operasi Windows. Seperti halnya OS Android, dimana user akan diminta alamat email untuk mengaktifkan Apps Marketnya, begitu pula Windows Phone. Ketika pertama kali smartphone ini diaktifkan, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email yang ada di Windows Live untuk mengaktifkan Marketplace

Setelah semua proses Startup telah dilewati, Anda akan melihat tampilan antarmuka khas Windows Phone dimana bagian depannya terdapat Live Tiles dengan jajaran ikon sebanyak 2×4. Namun ikon-ikon tersebut bisa ditambahkan dengan berbagai macam shortcut ke berbagai apps yang terinstal di dalam maupun sebagai launcher untuk masuk ke berbagai situs favorit yang biasa Anda akses setiap harinya. Tampilan Live Tiles menurut kami cukup interaktif dan menarik, sehingga Anda dijamin tidak akan bosan untuk melihat user-interface Lumia 800. Anda cukup geser ke kiri untuk masuk ke dalam menu utama, dan bisa langsung memilih menu yang diinginkan.

Selain itu semua, kami tertarik dengan Me Tiles. Me Tiles adalah ruang untuk profile Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk Check in, Post Message maupun set chat status hanya dalam satu tempat. Anda dapat mengupdate status dengan cepat ke berbagai macam situs jejaring sosial, seperti Windows Live, Twitter, Facebook, dan LinkedIn. Melihat secara keseluruhan, menurut kami tampilan Windows Phone cukup menarik dan berbeda dengan para kompetitornya. Hanya saja, bagi para user yang masih awam dengan user-interface Windows Phone akan sedikit merepotkan. Namun bila sudah terbiasa akan merasakan sendiri uniknya tampilan antarmuka yang dimiliki oleh sistem operasi Lumia 800.

PEOPLE HUB

Salah satu keunggulan Windows Phone 7.5 ini adalah People Hub. Melalui menu People Hub Anda akan dimudahkan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang yang Anda kenal. People Hub tidak hanya sebagai tempat daftar kontak semata, melainkan bisa disinkronisasikan dengan Facebook, Twitter, maupun Outlook. Sehingga Anda dapat melihat update status teman-teman Anda, maupun mengirim email, membalas tweet, mengirim pesan di wall Facebook, melihat foto-foto teman Anda dan sebagainya, cukup melalui satu tempat. Ini adalah fitur yang belum dimiliki oleh para kompetitornya.

MARKETPLACE

Seperti halnya sistem operasi yang disematkan ke dalam smartphone dewasa ini, Windows Phone memiliki “toko” aplikasi digital yang diberi nama Marketplace. Kekuatan Windows Phone tak terlepas dari kehadiran Marketplace yang berisikan berbagai macam aplikasi serta musik yang dapat diunduh baik secara gratis maupun berbayar. Sekedar catatan, ketika pertama kami mendapatkan Lumia 800 untuk diulas, rupanya Marketplace belum bisa digunakan di Indonesia. Oleh sebab itu, kami melakukan sedikit trik agar Marketplace bisa diakses dan memungkinkan kami untuk mengunduh berbagai aplikasi menarik yang telah tersedia di dalamnya. Untuk itu, pada saat registrasi Marketplace kami mengubah lokasi kota, kami atur ke London. Kenapa? Karena Lumia 800 lebih dulu diluncurkan di kawasan Eropa tepatnya di Inggris. Dan karena proses registrasinya mengarah ke kawasan London, tentu saja aplikasi berbayar harus ditebus dengan mata uang Poundsterling.

Apabila Anda telah melewati proses registrasi dengan benar, maka akan muncul tampilan homescreen Marketplace, dan beragam aplikasi yang ada di dalam bisa Anda cari satu per satu, lalu bisa diunduh. Hal tersebut yang kami rasakan ketika memasuki Marketplace ini. Namun, aplikasi Marketplace belum sebanyak iTunes, maupun Android Market. Di luar hal tersebut, Marketplace tetap menarik dimana terdapat aplikasi unik nan menarik yang dapat digunakan pada Lumia 800.

PERFORMANCE

Untuk meningkatkan kemampuannya, Nokia membenamkan prosesor terbaru yang handal, 1GHz ARM Cortex-A8 yang dapat ditingkatkan hingga 1,4GHz berbasiskan chipset MSM8255 keluaran Snapdragon. Tidak hanya itu saja, Nokia memilih Adreno 205 sebagai GPU (Graphics Processing Unit) untuk meningkatkan kualitas tampilan gambar di layarnya agar lebih optimal. Dari segi komposisi perangkat keras yang digunakannya, menurut kami sudah tergolong handal. Oleh sebab itu, kami penasaran untuk menguji kemampuan Lumia 800 ini.

Guna mengukur tingkat kinerja Lumia 800, kami coba unduh aplikasi untuk melakukan Benchmark, yakni Benchmark Free. Aplikasi ini akan melakukan benchmark Lumia 800 dalam hal, CPU, memory, kecepatan membaca dan menulis di dalam media penyimpanan, hingga mengukur tingkat kekuatan grafisnya. Setelah semua proses pengukuran telah dilalui, kami mendapat skor untuk Nokia Lumia 800 yang terbilang cukup baik, 7.9, di atas para kompetitornya yang hanya mendapat skor 7.1.

Kami penasaran dengan kemampuan browser yang ada di dalam Lumia 800. Dikarenakan OS yang digunakan merupakan keluaran Microsoft, maka browser yang disediakan adalah Internet Explorer. Kami coba untuk membuka beragam situs yang menarik, dan browser dapat membuka semua halaman situs tersebut dengan tampilan mobile. Bahkan untuk situs sekaliber YouTube dapat dibuka dan memutar video streaming melalui browser Lumia 800. Sebagai tambahannya, Anda dapat mencari beragam pencarian baik di internet, cukup dengan mengakses menu Bing yang telah tersedia di bagian tombol Search yang berada di bawah layar.

Kemampuan multitasking Lumia 800, tak luput kami coba. Semua aplikasi yang ada di dalam smartphone ini kami aktifkan dan tetap dibiarkan running di background. Kemudian, kami coba untuk menjalankan salah satu aplikasi tersebut. Hasilnya cukup menakjubkan dimana kami tetap bisa menjalankan aplikasi yang sedang digunakan tanpa mengalami lag time. Dan untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan, Anda cukup menekan tombol Back agak lama lalu akan terlihat berbagai macam aplikasi yang sedang aktif, kemudian klik aplikasi yang ingin dimatikan.

MUSIC PLAYER

Pemutar musik digital merupakan salah satu fitur unggulan yang bisa Anda temui di dalam semua smartphone. Di dalam Lumia 800, Anda bisa menemukan menu Music + Video di salah satu menu yang ada di Live Tiles. Begitu Anda memasuki menu tersebut, Anda akan menemukan tampilan Zune Player di dalamnya. Ya, Anda dapat menikmati berbagai macam musik, serta video klip melalui Zune Player ini. Selain itu, Anda dapat menikmati stasiun radio favorit via streaming melalui menu Zune tersebut. Tampilan antarmuka yang menarik, membuat kami betah untuk memutar berbagai macam musik dari berbagai macam band favorit kami.

Di sisi lain, Anda dapat mensinkronisasikan berbagai macam aplikasi seperti, YouTube, Last.fm, dan sebagainya. Kami menemukan sebuah fitur menarik ketika sedang memutar musik. Ketika musik sedang diputar, kami menerima sebuah pesan singkat, dan muncullah suara “operator” perempuan yang menanyakan apakah ingin membaca pesan tersebut atau mengabaikan. Karena kami tertarik, maka kami memilih untuk membaca pesan tersebut. Suara perempuan tersebut membacakan isi pesan tersebut, dan kembali bertanya apakah ingin membalasnya atau tidak. Kami bisa membalas pesan tersebut melalui voice command, dan tentunya harus menggunakan logat bahasa Inggris.

Editor Says
“Setelah sekian lama dinantikan, kehadiran Nokia Lumia 800 seakan membawa angin segar. Para kompetitornya pun seakan dibuat ekstra waspada dengan berbagai macam killer feature yang ada di dalam Lumia 800. Desain dan penampilannya yang menarik menjadi nilai tambah bagi smartphone yang satu ini. Hanya saja, diperlukan sedikit adaptasi bagi para pengguna yang masih awam dengan tampilan user-interface Windows Phone 7.5. Apakah Nokia akan kembali berhasil merebut pangsa pasar yang sudah dikuasai oleh para kompetitor yang menggunakan OS dari Google maupun Apple? Kita tunggu saja.”

Suitable For
Internet 45%
Photography 30%
Other (game, mobile office, etc) 25%

+
Desainnya menarik
Kinerjanya baik
Fiturnya lengkap dan menarik
Pemutar musiknya patut diacungi jempol
Hasil jepretan kameranya terbilang bagus

SPECIFICATIONS

Network: GSM 850/900/1800/1900; HSDPA 2100
Display: AMOLED Capacitive touchscreen 3.7” (480 x 800 pixels), 16M Colors
Dimensions: 116,5 x 61,2 x 12,1 mm
Weight: 142 gr
Memory : 16 GB storage, 256MB RAM, (internal)
Connectivity: Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR, HSDPA 14,1 Mbps, HSUPA 5,76 Mbps, SMS, MMS, Email, Push Email, IM, Micro USB, WiFi 802.11 b/g/n, WAP 2.0/xHTML, HTML, RSS feeds, etc.
Camera: 8 MP (3264×2448 pixels), Carl Zeiss optics, autofocus, Dual LED flash
Features: Microsoft Windows Phone 7.5, Qualcomm MSM8255 Snapdragon, 1,4GHz Scorpion Processor, Adreno 205, A-GPS support, microSIM, SNS Integration, etc.
Battery:  Li-Ion 1450 mAh; Standby : 265 h; Talk time:  13 h

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 14, 2012 by in review and tagged , , , .
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: