Techie Update

Artikel Seputar Dunia Teknologi

Intelligent Management System For CCTV

Tepat pada Rabu (14/3) yang lalu, PT Datascip yang merupakan distributor produk secure security system meluncurkan perangkat lunak untuk central monitoring pada video surveillance system yaitu iVMS (Intelligent Video Management System). Perangkat lunak iVMS merupakan intelligent central monitoring system untuk mengontrol IP Based CCTV yang dapat digunakan untuk membangun video surveillance system yang handal dengan instalasi yang efisien dan kinerja yang sangat baik.

Video surveillance adalah video mengamati atau memantau dari jauh dengan menggunakan peralatan elektronik seperti kamera CCTV atau penangkapan dari informasi yang ditransmisikan secara elektronik.

Selain untuk remote view dan playback, iVMS memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi parameter, upgrade firmware, menangani informasi alarm,  mengatur NVR (Network Video Recorder) untuk merekam dan stream media server untuk transmisi dari jarak jauh.

“Selain berperan sebagai aplikasi utama dalam satu video surveillance system, iVMS yang memiliki fitur  lengkap ini diciptakan untuk membantu kebutuhan perusahaan akan security system yang mudah digunakan dan mengikuti perkembangan jaman”, ujar Yenni Suhartanto, Marketing Manager pt. Datascrip.

iVMS akan mendeteksi secara otomatis semua kamera yang terhubung dalam 1 jaringan, memberikan kemudahan bagi kita untuk mengetahui jumlah kamera yang terkoneksi. Setelah semua kamera terdeteksi, kita bisa melihat sampai dengan 64 kamera secara langsung dan bersamaan. Setiap kamera yang terdeteksi bisa kita atur melalui iVMS, seperti : nama kamera, grouping camera dan lain lain.

Selain dapat meng capture screen, iVMS memungkinkan pengguna untuk merekam video secara manual maupun terjadwal. Setelah merekam video, kita bisa memutar rekaman langsung dari iVMS, baik itu rekaman yang tersimpan di NVR, kamera IP, maupun di PC lokal. Rekaman tersebut dapat ditampilkan 4 rekaman kamera secara bersamaan dengan 4x digital zoom.

iVMS yang terhubung dengan security system dapat memberikan notifikasi apabila terjadi gangguan pada video surveillance system seperti kapasitas hardisk penuh, putusnya kabel kamera dengan jaringan, video tampering alarm, pendeteksi pergerakan pada area tertentu (motion detection) dan lain lain. Notifikasi yang diberikan oleh iVMS dengan adanya gangguan tersebut meliputi E-map Alarm (memberikan informasi lokasi), Alarm Log,  dan Sound Alarm (bunyi alarm). Terdapat pula fitur Alarm Link Recording yang berfungsi merekam setiap ada pergerakan yang ditangkap oleh kamera CCTV.

Pengguna iVMS dibedakan menjadi 2 tipe yaitu administrator dan guest. Administrator dapat memberikan otoritas kepada guest berupa menu apa saja yang bisa diakses atau kamera CCTV mana saja yang dapat dimonitor olehnya. iVMS juga memiliki fitur PTZ (Pan Tilt Zoom) control, yakni berperan sebagai keyboard untuk PTZ kamera yang berfungsi untuk menggerakkan  kamera.

Dalam penggunaanya, iVMS juga memungkinkan perpaduan antara video surveillance sistem analog dan sistem yang berbasis IP, dalam arti perangkat lunak ini dapat diaplikasikan pada 2 sistem yang berbeda dalam 1 platform, sehingga existing user yang masih menggunakan video surveillance dengan sistem analog dapat pula menggunakan perangkat lunak ini yang dipadukan dengan SECURE DVR.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 15, 2012 by in spotlight and tagged , , , .
%d bloggers like this: