Techie Update

Artikel Seputar Dunia Teknologi

Casio Exilim EX-TR100 (TRYX)

Beyond Your Imagination
Harga: US$ 249.99

Pertama kali melihat kamera ini, kami merasa terkagum-kagum dengan bentuknya. Bentuk kameranya yang tidak biasa membuat kami semakin penasaran dengan fungsi utama kehadiran kamera keluaran Casio yang bertajuk Exilim EX-TR100 (TRYX) yang bisa mengabadikan gambar dari berbagai angle.

Sebagai sebuah kamera, Casio tentunya tidak sembarangan  membenamkan berbagai macam fitur didalamnya. Sebut saja, sensor kamera beresolusi hingga 12MP yang dibekali dengan lampu LED, serta layar sentuh untuk mengoperasikannya. Tidak hanya itu saja, Casio masih membenamkan berbagai macam fitur-fitur unik lainnya yang bisa membuat Anda terkesima dengan TRYX. Agar semakin tidak penasaran, baca ulasan lengkapnya berikut ini.

Slim and Unique Design
Casio TRYX hadir untuk melengkapi kebutuhan fotografi yang kian beragam dengan menghadirkan desain kameranya yang tidak sembarangan. Kenapa? Coba Anda bandingkan bentuk kamera TRYX ini dengan kamera saku digital lainnya yang ada di pasaran. Pastinya Anda akan menjawab beda. Bahkan desain kameranya yang unik ini berhasil menyabet penghargaan untuk kategori “Award For Design CES 2011”.

Apa sebenarnya yang membuat kamera ini unik? Dari segi tampilannya, Anda pasti menyangka kamera ini adalah sebuah camcorder lantaran bentuknya berupa persegi panjang. Namun, ketika Anda memegang kamera ini, pasti langsung melihat perbedaannya. Dimensi kamera yang hanya 124,46 x 58,92 x 14.98mm membuat kamera ini lebih ringkas dibandingkan para kompetitornya. Tampilannya yang menyerupai dengan bentuk smartphone, kerap membuat orang yang masih awam akan sedikit terkecoh. Anda tak perlu khawatir dengan bobotnya, karena Casio merancang kamera ini dengan berat sekitar 157 gram agar memudahkan Anda untuk membawanya atau bahkan disimpan di dalam saku pakaian dengan nyaman. Selain itu, dengan bobotnya yang tergolong ringan dijamin akan membuat Anda betah menggunakan kamera ini dalam jangka waktu lama.

Apakah hanya itu saja? Tentu tidak. Salah satu daya tarik kamera ini ialah hadirnya sebuah built-in frame yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dari berbagai sudut tanpa bantuan tripod. Sehingga Anda bisa menggantung kamera ini di berbagai tempat, melipatnya ke sisi lain (twist), dalam posisi berdiri (stand), maupun mengambil gambar secara meluas (extend). Dan akhirnya Anda dapat menghasilkan gambar yang diambil dari berbagai macam angle.

Full Features

Sebagai pelengkap, Casio membenamkan fitur-fitur pendukung yang berguna untuk mengoptimalkan hasil gambarnya. Salah satunya adalah kehadiran EXILIM ENGINE HS untuk pengambilan gambar dan pemrosesan gambar dengan kecepatan tinggi. Bahkan dengan menggunakan EXILIM ENGINE HS tersebut, memungkinkan Anda untuk melakukan pengolahan hasil foto dengan lebih cepat, maupun pengolahan gambar dengan menggunakan teknik HDR (High Dynamic Range) ART.

Casio memilih untuk menggunakan lensa berukuran 21 mm (35mm equivalent) dengan aperture maksimal yakni f2/8. Tidak seperti halnya dengan kamera saku digital lainnya yang menggunakan zoom teleskopik, seri TRYX ini hanya menggunakan fixed zoom, akan tetapi Anda tetap dapat melakukan pembesaran gambar secara digital hingga 4x.
Di dalam kamera ini, terdapat beberapa mode pengambilan gambar yang bisa Anda lakukan, yakni Auto, Premium Auto, Best Shot, HDR ART, Slide Panorama, hingga Motion Shutter. Semuanya bisa Anda gunakan dengan mudah, cukup memilih dari menu yang tersedia. Selain itu, Anda dapat mengubah berbagai pengaturan yang tersedia. Sedangkan menurut kami, tampilan antar-muka yang dimiliki oleh TRYX ini terbilang sederhana. Anda cukup tekan layarnya yang ada di sebelah kiri, maka akan muncul popup menu, seperti mode pengambilan gambar, pengaturan tampilan di layar, maupun melihat hasil jepretan gambar Anda. Semuanya tersaji dengan lengkap dan lebih ringkas untuk mempercepat pengambilan gambar dengan lebih optimal.

Seperti halnya dengan kamera saku digital lainnya, Anda dapat melakukan pengambilan gambar baik secara auto maupun manual. Tentunya kedua mode tersebut menghasilkan gambar yang unik dan berbeda. Bila Anda menggunakan mode manual, Anda dapat mengatur White Balance, ISO hingga pengaturan fokusnya. Sekedar catatan, White Balance yang disediakan oleh Casio terbilang cukup lengkap, seperti Auto WB, Daylight, Overcast, Shade, Day White Fluorescent, Daylight Fluorescent, Tungsten, dan Manual WB. Sedangkan untuk pengaturan ISOnya, Anda dapat memilih ISO mulai dari Auto, 100, 200, 400, 800, 1600, dan 3200. Menarik bukan?!

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan, masih ada beberapa fitur lainnya yang dibenamkan ke dalam kamera unik ini. Adalah protection to files merupakan fitur yang berguna untuk mencegah terhapusnya file-file foto yang ada di dalam media penyimpanan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi bila file foto yang tersimpan terhapus secara sengaja maupun tidak sengaja. Dan masih ada beberapa fitur lainnya yang bisa Anda manfaatkan seperti Rotate yang berguna untuk memutar hasil jepretan Anda ke posisi yang diinginkan, dan fitur Eye-fi yang berguna untuk mengirimkan hasil jepretan gambar maupun rekaman video yang telah Anda buat ke berbagai situs jejaring sosial.

Action!

Saatnya untuk menguji kemampuan kamera ini yang sesungguhnya. Kami pun mencoba satu per satu fitur-fitur yang ada di dalam kamera ini untuk menghasilkan gambar yang lebih bervariasi. Pada mode Auto, sensornya dapat bekerja dengan baik menangkap intensitas cahaya di luar ruangan. Hasilnya foto dapat terlihat baik, tidak ditemui noise maupun over exposure ketika mengambil gambar di siang hari. Sedangkan di dalam ruangan sendiri, hasilnya terbilang memuaskan. Detil gambar di sekitar ruangan dapat terabadikan dengan baik.

Slide Panorama adalah mode pengambilan gambar yang terbilang unik. Anda dapat mengabadikan pemandangan di sekitar Anda sekitar 180 derajat, dan Anda dapat menyesuaikannya dari arah yang diinginkan, baik itu dari kiri ke kanan maupun sebaliknya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berkat menggunakan EXILIM ENGINE HS, kamera ini dapat mengambil gambar dengan kecepatan tinggi. Sehingga ketika Anda hendak untuk melakukan pengambilan gambar panorama, kameranya akan mengambil gambar di sekitar dengan cepat. Bagaikan kain yang disulam, hasil jepretan fotonya akan disatukan untuk menghasilkan foto pemandangan yang cemerlang sekitar 180 derajat dari tempat Anda berdiri.

Selain mode Slide Panorama, kami mencoba mode lainnya yang menjadi ciri khas kamera ini. HDR ART merupakan mode pengambilan gambar yang tidak ditemui di kamera saku digital lainnya. Kami bisa mendapatkan hasil foto dengan efek HDR ART dalam waktu yang tergolong cepat. Anda cukup mengaktifkan mode ini, lalu arahkan ke objek foto yang dikehendaki. Lalu tunggu beberapa saat, maka hasilnya akan menampilkan foto dengan efek HDR ART. Seperti yang diketahui, untuk menikmati HDR ART tidaklah semudah yang dibayangkan. Dengan kamera DSLR sekalipun, Anda tetap membutuhkan bantuan software pengolah gambar, seperti Photoshop.

Ada mode pengambilan gambar yang lebih unik lagi, yakni Motion Shutter. Anda dapat melakukan pengambilan gambar dari jarak jauh, sendiri maupun beramai-ramai, dan mengaktifkan shutter cukup dengan melakukan gerakan tepat di depan sensornya.

Puas mengambil foto dimana-mana, kami pun tertarik untuk melakukan pengambilan video dengan menggunakan kamera ini. Anda dapat mengandalkan Exilim TRYX untuk melakukan pengambilan gambar dengan resolusi tinggi. Casio mengklaim bahwa hasil rekaman videonya mencapai 1080p. Dan benar saja, ketika kami mencoba untuk melakukan perekaman gambar di luar ruangan, hasil gambarnya terbilang tajam dengan resolusi yang tinggi. Sensorny dapat bekerja dengan baik dan responsif ketika membaca tingkat cahaya yang berada di background si objek yang sedang direkam dan menyesuaikan agar objek tidak terlalu gelap ketika membelakangi cahaya.

SPECIFICATION

File Format: Still images: JPEG (Exif Ver2.3), DCF2.0; Movies: MOV format, H.264, IMA-ADPCM (monaural)
Recording Media: SD Memory Card, SDHC Memory Card, SDXC Memory Card compatible
Number of Recorded Pixels: Still images: 12M(4000 × 3000), 3:2(4000 × 2656), 10M(3648 × 2736), 5M(2560 × 1920), VGA(640 × 480); Movies: FHD (1920×1080), HD (1280 × 720), HS (432 × 320)
Number of Effective Pixels: Approx. 12.1 MP (/million)
Image Sensor: 1/2.3-inch square pixel CMOS (back illuminated type); Total Pixels: 12.75 megapixels(/million)
Lens: Construction: 5 lenses in 5 groups, including aspherical lens; F-number: F2.8; Focal Length: F=3.8mm; 35mm Film Equivalent (Approx. 21mm)
Zoom Ratio: 1.5X Single Frame SR Zoom, 2.0X High-Speed SR Zoom (10M); 4X digital zoom (in combination with Premium zoom) , 15.9X maximum digital zoom (in combination with HD Zoom, VGA size)
Focus: Focus Type: Auto Focus, Macro, Pan Focus, Infinity Mode; Focus Mode: Auto Focus, Macro, Infinity Mode; AF Area: Spot(Intelligent for Premium Auto); AF Assist Lamp: None
Focus Range (From Lens Surface): Auto Focus: Approx. 3″ – Infinity(W); Macro: Approx. 3″ – 20″; Super Macro: Approx. 3.1″ – 19.6″ (First step from Widest Setting); Infinity Mode: Infinity; Manual Focus: None
Exposure: Exposure Metering: Multi pattern by CMOS; Exposure Control: Program AE; Exposure Compensation: -2EV to +2EV (in 1/3EV steps)
Shutter Type: CMOS electronic shutter
Aperture: F2.8
White Balance: Auto WB, Daylight, Overcast, Shade, Day White Fluorescent, Daylight Fluorescent, Tungsten, Manual WB
Sensitivity (SOS/REI): Still Images: Auto , ISO 100, ISO 200, ISO 400, ISO 800, ISO1600, ISO3200; Movies: Auto
Self-Timer: 10 seconds, 2 seconds, 2 – 10 seconds
Flash Mode: None
Built-in Memory: 34.8MB*6 built-in flash memory
Other Functions: Eye-Fi Wireless Card compatible, HDMI Output, USB Charging
Self-Timer: 10 seconds, 2 seconds, 2 – 10 seconds
Timekeeping Function: Date and Time: Recorded with image data with time stamp function; Auto Calendar: To 2049; On-Image Time Stamp Function: Yes; World Time: 162 cities in 32 time zones, city name, date, time, summer time
Input/Output Terminals: USB port (Hi-Speed USB compatible), HDMI™* output (Micro/Type D)*
*HDMI, the HDMI logo and High-Definition Multimedia Interface are trademarks or registered trademarks of HDMI Licensing LLC.*1080/50i output is not supported for PAL output using an HDMI™
Microphone: Monaural
Speaker: Monaural
Power Source: Rechargeable lithium ion battery (Built-In); Power Consumption: 3.7V DC, Approximately 3.6W
Weight: Approximately 5.54 oz (Including Battery and Memory Card*)
Dimensions (Excluding Projections): 4.9″(W) × 2.32″(H) × .59″(D)
Display: 3.0-inch TFT color LCD, 460,800 dots (960 × 480) Touch Screen
Bundled Accessories: USB-AC Adapter, AC Power Cord, USB Cable Strap

+

Desainnya yang unik
Hasil gambar yang bagus
Fitur-fiturnya unik

Baterainya boros
Gambar akan timbul noise ketika dilakukan zoom secara maksimal
Layar sentuhnya kurang sensitif

Editor Says

“Casio menghadirkan sebuah gebrakan inovasi di bidang fotografi. Bukan saja desainnya yang menarik perhatian, melainkan fitur-fitur didalamnya yang terbilang unik dan menarik. Casio EXILIM TRYX merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan sebuah kamera yang memiliki hasil kualitas gambar yang bagus, pengoperasian yang mudah, serta fitur-fitur yang lengkap.”

BEST FOR:
Panorama 30%
Party 20%
Sport 20%
Others 30%

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 16, 2012 by in review and tagged , , , .
%d bloggers like this: