Techie Update

Artikel Seputar Dunia Teknologi

Penelitian Independen Nobatkan Kaspersky Mobile Security Sebagai Salah Satu Program Terbaik

Banyaknya pilihan program perlindungan untuk Android bisa mengecoh konsumen. Namun pengujian terbaru menunjukkan bahwa solusi dari Kaspersky Lab merupakan yang terunggul. Penelitian independen terbaru dari AV-Test.org memilih Kaspersky Mobile Security sebagai salah satu dari dua produk (dari 41 sampel) yang sukses menangani semua program berbahaya.

Produk lain gagal memberikan perlindungan, bahkan perlindungan yang paling dasar sekalipun, terhadap program berbahaya yang menargetkan perangkat seluler. Secara keseluruhan, pengujian oleh AV-Test.org yang dilakukan awal tahun 2012, memberikan ‘lampu hijau’ hanya kepada tujuh produk, sementara 18 solusi hanya mampu mendeteksi kurang dari 40% sampel berbahaya dan enam diantaranya sama sekali gagal mengidentifikasi kode berbahaya.

Victor Dronov, Senior Product Manager, Kaspersky Lab, mengatakan, “Jumlah sampel malware untuk perangkat mobile di database kami telah mencapai lebih dari 10 ribu. Karena itu kami percaya memiliki solusi perlindungan bagi smartphone Android anda sangatlah penting. Kami sangat senang dengan hasil pengujian independen yang dilakukan oleh AV-Test.org. Mereka membuktikan efisiensi dari produk kami, dan memberi dukungan pada gabungan teknologi perlindungan tradisional dan perlindungan berbasis awan yang baru kami luncurkan. Hal ini juga menunjukkan bahwa produk kami adalah produk pemimpin pasar, baik untuk produk gratis maupun berbayar.”

Baru-baru ini AV-Test.org mengevaluasi antivirus gratis melawan Kaspersky Lab dan vendor lain, dan menemuan bahwa pengetatan biaya dalam hal perlindungan terbukti sia-sia dibandingkan bila berinvestasi pada keamanan online. Evaluasi lanjutan ini memperlihatkan para ahli menganalisa sebanyak mungkin produk. Untuk memberian hasil yang paling akurat, lebih dari 600 aplikasi berbahaya dipilih dari 20 ‘keluarga’ berbagai malware berbahaya, semuanya adalah malware yang umum dan banyak ditemukan dimana-mana. Lingkungan pengujian termasuk emulator Android berbasis Android 2.3 dan dua smartphone berbasis Android 2.2 dan 4.0. Kemampuan untuk mendeteksi aplikasi berbahaya selama pemindaian dievaluasi, namun pada beberapa kasus (ketika pemindaian tidak bisa dilakukan dengan sesuai) para ahli harus melakukan analisa secara manual.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa meski dengan memasukkan produk berbayar, hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil tes sebelumnya; banyak produk gratis dan berbayar dari vendor yang kurang terkenal dan terkenal tidak berdaya memberi perlindungan di dunia nyata, tidak berhasil mengidentifikasi berbagai sampel malware. Yang mengejutkan, enam program tidak mendeteksi aplikasi berbahaya sama sekali. Untuk 12 program lain, kemampuan pendeteksian mereka berada di bawah 40%.  Kaspersky Mobile Security merupakan salah satu dari dua produk yang berhasil mendeteksi seluruh program berbahaya pada Android.

Hasil lengkap dari evaluasi solusi perlindungan Android tersedia dalam website AV-Test.org.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 16, 2012 by in spotlight and tagged , , .
%d bloggers like this: