Techie Update

Artikel Seputar Dunia Teknologi

BENQ GH700

Super Zoom Lens Inside

Belum lama ini Benq memperkenalkan sebuah generasi kamera terbarunya yang bertajuk GH700. Bila melihat ke belakang, Benq belum memiliki generasi kamera yang masuk ke dalam kategori prosumer. Kendati GH700 merupakan kamera prosumer, namun Benq membenamkan fitur yang handal untuk menghasilkan kualitas foto yang cemerlang, dan rekaman video yang berkualitas HD.

Benq kini tak lagi dikenal sebagai produsen perangkat IT semata, melainkan sudah merambah ke pangsa pasar dunia fotografi. Guna menancapkan keberadaannya di dunia fotografi, lahirnya beberapa seri kamera prosumer, seperti GH600 dan GH 700. Kehadiran seri GH700 ini merupakan penyempurna dari generasi GH600 dengan menggunakan teknologi maju. Sebagai contoh, seri GH600 “hanya” menggunakan sensor CCD, dan mampu menghasilkan rekaman video berkualitas HD hingga 720p. Sedangkan GH700 telah menggunakan sensor CMOS ½.3-type BSI (Back Illuminated Sensor) keluaran Sony yang dapat meningkatkan sensitivitas sensor terhadap cahaya. Dan seri GH700 dapat merekam gambar bergerak atau video yang berkualitas HD hingga 1080p, dengan kecepatan 60fps.

LIGHT AND COMPACT DESIGN

Melihat penampilan GH700, menurut kami sangat elegan dan mewah. Perpaduan antara warna hitam dop dengan efek glossy di beberapa bagian menambah nilai estetika kamera ini. Anda tidak perlu takut slip ketika sedang memegang kamera ini meskipun tangan Anda dalam kondisi basah ataupun berkeringat. Hal tersebut lantaran Benq telah membenamkan material silikon anti-slip di bagian hand grip kameranya.

Dari segi dimensi, kami melihat ukuran kameranya tergolong compact, yakni sekitar 112,5×75,9×63,4mm. Dengan demikian Anda tak perlu repot membawa tas kamera, karena kamera ini dapat dimasukan ke dalam hand bag maupun tas kecil. Bobot kameranya yang hanya sekitar 370 gram (tanpa baterai) masih tergolong ringan untuk sebuah kamera prosumer. Kami bisa mengambil gambar maupun merekam video dengan lebih leluasa tanpa merasa capek memegang kameranya dalam waktu lama. Dan dari segi desainnya, terasa sekali sisi ergonomisnya yang menambah kenyamanan pengguna kamera ini.

EASY TO USE

Penempatan tombol yang mudah dijangkau serta tampilan antarmuka yang sederhana membuat kamera GH 700 bisa digunakan oleh siapapun, baik tua maupun muda sekalipun. Kamera GH700 tidak dilengkapi dengan viewfinder, dan sebagai gantinya layar LCD berukuran 3 inci bisa dijadikan ruang display untuk melihat objek Anda.

Di bagian atas terdapat tombol thumb dial yang bisa Anda manfaatkan untuk mengubah mode pengambilan gambar yang diinginkan. Cukup putar dan sesuaikan kebutuhan mode pengambilan gambar dengan ikon yang ada di atasnya. Apabila Anda tidak hafal nama dari ikon tersebut, tidak perlu khawatir. Karena setiap Anda putar, nama dari ikon tersebut akan muncul di LCD.

Berbagai macam tombol pengoperasian terletak di sisi kanan layar. Anda dapat menemukan tombol preview gambar, menghapus gambar, hingga masuk ke menu utama. Bahkan satu hal yang unik di sini, dimana biasanya tombol fitur video recording terdapat di thumb dial. Hal tersebut tidak berlaku di Benq GH700 yang satu ini. Tombol untuk mengaktifkan video recording berada di sebelah kanan layar di atas tombol preview dengan ikon titik berwarna merah. Menurut kami, berkat penempatan tombol yang terpisah seperti itu, semakin memudahkan pengguna kamera ini untuk mengambil rekaman video dengan cepat.

Tidak hanya itu saja, kamera ini turut dibekali dengan port micro USB dan port mini HDMI yang bisa Anda temui di sisi kiri bodi kamera ini. Selain itu, disediakan ruang untuk memori eksternal berupa SDHC dan terletak di bawah kamera yang menjadi satu dengan tempat baterai. Namun sangat disayangkan, GH700 masih mengandalkan baterai konvensional AA sebanyak empat buah. Menurut kami, hal tersebut merupakan pemborosan dan umur penggunaannya pun terlalu singkat. Beda ceritanya bila Anda menggunakan baterai rechargeable.

FEATURES

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Benq telah membenamkan beberapa fitur canggih di dalam GH700. Sebut saja resolusi lensa yang tinggi, mencapai 16MP dan dibantu dengan sensor CMOS BSI yang cukup handal. Kendati lensa depannya tidak dapat digonta-ganti, namun Benq telah membekali lensanya dengan kemampuan melakukan pembesaran secara optik hingga 21x.

Bila hal tersebut kurang menarik untuk Anda, masih ada beberapa fitur lainnya yang bisa Anda manfaatkan, seperti mode continous shooting yang memiliki banyak pilihan kecepatan burst. Ada pun kecepatan burst yang ditawarkan oleh GH700 mencakup High-speed Burst, Pre-Shooting, Sporty Burst 120, Sporty Burst 240, Smart Selector, hingga Multi-shot 16. Menarik, bukan?.

PERFORMANCE

Setelah asyik menjelajahi semua fitur-fitur yang ada, tiba saatnya kami mencoba kemampuan kamera ini. Kami tertarik untuk mencoba kemampuan zoom yang dimilikinya, dan dimulai dengan mengambil objek sebuah landmark berupa menara jam di salah satu perumahan di kawasan alam sutera. Satu hal yang kami suka, fitur stabilizer GH700 terbukti handal ketika melakukan pengambilan gambar dari jarak yang cukup jauh. Dari tempat kami berdiri, kami bisa mengabadikan suasana di sekitar menara jam yang penuh dengan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut sebagai pembanding dengan foto kedua dengan melakukan pembesaran penuh. Alhasil, Anda bisa melihat dari menara jam tersebut, kami bisa mengabadikan merek beserta jarum jam dan angka penunjuk jam. Menarik, bukan?!

Puas mengambil foto dari kejauhan, kami mencoba untuk mengambil jarak dekat. Kami mencoba untuk mengambil gambar secara makro. Lensanya mampu mengambil gambar dari jarak sekitar kurang lebih 1cm, hanya saja Anda harus membutuhkan tripod agar hasilnya lebih optimal. Dan untuk mengambil beberapa foto lainnya, kamera ini dapat diandalkan dengan hasil foto yang tajam dan detil yang pas.

Setelah mengambil beberapa foto, kami lanjutkan dengan mengambil rekaman video. Di dalam menu pengaturan, Anda bisa mengubah format video yang hendak digunakan, mulai dari QVGAp240, VGAp30, 720p60 hingga 1080p60. Kami ingin menghasilkan rekaman video berkualitas HD, maka kami memilih 1080p60. Dan benar saja, hasil rekamannya terlihat baik sekali dan sangat smooth. Kami bisa melakukan zoom in ke beberapa tempat yang cukup jauh dari posisi kami shooting video.

SPECIFICATION

Sensor: Sony 16 Mega Pixels, 1/2.3 inch BSI CMOS
Zoom-Optical: Optical: 21X; Digital: Up to 5X (Preview) / Up to 10X (Playback)
Focal length: f = 4.5(W) ~ 94.5 (T) mm; F= 3.1(W) ~ 5.8 (T); (f = 25~525mm, 35mm equivalent)
Focus Range: Normal: W=50cm ~ Infinity ; T=500cm ~ Infinity; Macro: W=2cm ~ Infinity ; T=60 ~ Infinity; Super Macro: 1cm (M) ~ Infinity
LCD size/resolution: 3.0” LCD 460k pixels
Picture Resolution: 16M / 3:2 / 8M / 5M / 3M / 16:9 / VGA
Movie Resolution: FHD 1080p (1920 x 1080) 60fps / HD 720p (1280 x 720) 60fps / VGA (640 x 480) 30fps; QVGA (320 x 240) 240fps, Continuous recording with sound
Shutter Speed: Auto: 1/2000 ~ 1 sec;Manual Mode: 1/2000 ~15 sec. (Fireworks 2 sec.)
White Balance: Auto / Daylight / Cloudy / Tungsten / Fluorescent H / Fluorescent L / Manual
Exposure Compensation:     –2.0 ~ +2.0 EV (0.3EV / step)
ISO Equivalent:Auto, 160, 200, 400, 800, 1600 ,3200 <3M or lower>, 6400 <3M or lower>
Flash: Auto Flash, Auto Anti Red-eye, Force On, Slow Sync, Forced Off
Drive Mode: 10 sec. / 2 sec. / Double / Off
Energy: CIPA approx 400 base on bundle AA Alkaline battery; 580 base on Ni-MH battery; 1000 base on Li battery
Storage: Built-in Approx. 85MB (+-5%); 4GB SD / 32GB SDHC / SDXC(> 32GB) card compatible
Format File: Still Image: JPEG (EXIF 2.3 compatible); DCF compatible;Support DPOF; Video: MOV; Audio: WAV; Sound: Stereo sound
Size(mm):     112.5x 75.9x 63.4 mm
Weight: 370g ( w/o battery & SD card)
Interface – Digital Out:    Digital output: USB 2.0 compatible; Audio / Video output (NTSC / PAL / HDMI); PictBridge compatible
Bundled Accessories: USB Cable / Software & UM CD / Quick Guide

+
Desainnya tergolong compact
Kemampuan lensa telenya patut diacungi jempol
Tampilan antar-mukanya mudah digunakan
Hasil foto dan videonya tidak mengecewakan

Masih menggunakan baterai konvensional (AA)

BEST FOR:

Panorama 30%
Video 30%
Sport 20%
Others (party,etc) 20%

Hasil foto (ki-ka): sebelum dilakukan pembesaran; sesudah dilakukan pembesaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 19, 2012 by in review and tagged , , , .
%d bloggers like this: