Techie Update

Artikel Seputar Dunia Teknologi

iCloud, What You Should Know

Kehadiran iCloud sebenarnya bukanlah hal yang baru. Apple telah menyingkap tabir kehadiran teknologi iCloud pada awal Juni 2011 ketika mereka sedang menggelar acara tahunan, The Apple Worldwide Developers Conference (WWDC).  Hingga awal tahun 2012 ini, pengguna iCloud mencapai 85 juta pengguna. Apa sebenarnya yang ditawarkan oleh iCloud sehingga banyak orang yang memanfaatkan teknologi ini via perangkat Apple mereka?

Sebelum hadirnya iCloud, Apple telah lebih dulu memperkenalkan layanan MobileMe pada awal tahun 2000. Seiring waktu berjalan MobileMe dapat digunakan pada perangkat yang menggunakan Mac OS X, iOS, maupun Windows. Di zamannya layanan MobileMe memiliki banyak sekali kelebihannya, mulai dari Find My iPhone, Penyimpanan Data, Sinkronisasi Daftar Kontak dan Kalender, MobileMe Gallery, iDisk, iWeb Publish, Web Applications, PC Sinkronisasi, MobileMe Mail Beta, dan Calender Beta.

Kendati MobileMe memiliki banyak layanan yang terbilang lengkap, namun sangat disayangkan kinerja layanan tersebut jauh dari yang diharapkan. Banyak para pengguna yang mengeluhkan betapa mahalnya harga untuk berlangganan MobileMe. Belum lagi ditambah dengan koneksi yang terlalu lambat untuk menyimpan beragam file di dalam MobileMe. Dan perlahan tapi pasti banyak para penggunanya yang mulai berhenti berlangganan layanan MobileMe.

Apple pun tak tinggal diam, dan mulai melakukan inovasi-inovasi terbaru untuk menghadirkan layanan online yang lebih baik lagi. Tanggal 24 Februari, Apple memutuskan untuk menghentikan penjualan layanan MobileMe dengan menarik aplikasi tersebut dari iTunes Store. Kendati aplikasinya sudah ditarik dan registrasi MobileMe telah ditutup, Apple mengumumkan bahwa layanan MobileMe hanya dapat digunakan hingga akhir Juni 2012. Sebagai gantinya, Apple memperkenalkan layanan iCloud dan sudah dapat diunduh dari iTunes Store. Pihak Apple mengklaim bahwa layanan ini lebih stabil, terjangkau, dan lebih handal dibandingkan MobileMe.

Hanya saja sangat disayangkan, layanan iCloud sendiri hanya dapat digunakan pada perangkat Apple yang memiliki sistem operasi tertentu, seperti iOS 5 maupun OS X Lion 10.7.2 dan gratis. Selain itu, Apple memungkinkan layanan iCloud ini tidak hanya dapat digunakan oleh pengguna baru, melainkan bisa dinikmati pula bagi para penggunanya yang memiliki akun MobileMe. Cukup dengan memasukan id atau akun di MobileMe, lalu melakukan sedikit pengaturan, maka layanan iCloud bisa dapat langsung dinikmati.

Setelah para penggunanya membuat akun iCloud, penyimpanan data sebesar 5GB langsung diberikan secara cuma-cuma. Tidak hanya itu saja, Apple memberikan banyak layanan iCloud yang diberikan secara gratis, seperti sinkronisasi daftar kontak, kalender, serta email yang pernah digunakan pada layanan MobileMe. Selain itu, iCloud memungkinkan para penggunanya yang membeli aplikasi maupun e-book di iTunes Store dapat digunakan pada perangkat Apple lainnya yang mendukung layanan iCloud. Sehingga para penggunanya dapat menginstal maupun membaca buku dari berbagai perangkat yang sedang digunakannya, dan diklaim bisa digunakan hingga 10 perangkat Apple.

Apakah hanya itu saja? Jawabannya tentu tidak. iCloud menawarkan layanan backup secara otomatis untuk perangkat Apple yang menggunakan iOS, seperti iPhone, iPad, hingga iPod touch. Adapun data yang dapat dibackup mencakup musik, aplikasi, e-book yang dibeli melalui iTunes Store, serta koleksi foto dan video yang tersimpan di menu Camera Roll. Dan masih ada beberapa kemampuan lainnya yang ditawarkan oleh iCloud meliputi Photo Stream yang memungkinkan pengguna layanan ini untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya melalui iPhone dan langsung menyimpannya di dalam iPad, maupun perangkat Mac, ataupun menshare langsung ke teman-teman Anda.

Bagi para penggunanya yang tidak puas dengan kapasitas penyimpanan iCloud yang diberikan secara cuma-cuma sebesar 5GB bisa ditambahkan menjadi 10, 20, 50GB dengan biaya tambahan yang bervariasi. Hal tersebut dinilai cukup pantas untuk sebuah investasi yang dilakukan Apple sebesar US$500 juta ke dalam layanan iCloud ini. Dan pihak Apple rupanya memungkinkan iCloud ini dapat digunakan oleh PC yang menggunakan OS Windows Vista, dan Windows 7.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 19, 2012 by in hot issue and tagged , , .
%d bloggers like this: