Techie Update

Artikel Seputar Dunia Teknologi

Sony Ericsson ARC S

Last Generation of Sony Ericsson

Awal tahun 2011, Sony Ericsson memperkenalkan generasi smartphone terbaru yang bernama ARC. Kehadiran ponsel pintar ini sempat menarik perhatian semua orang berkat desainnya yang menggunakan layar lebar dengan fitur dan teknologi terkini yang diusungnya. Kali ini, di penghujung tahun, pihak Sony Ericsson kembali memperkenalkan generasi smartphone terbarunya yang diberi nama ARC S. Dan dikabarkan Sony Ericsson akan berevolusi menjadi Sony Mobile Communication, inilah generasi terakhir dari Sony Ericsson.

Dari segi penampilan dan desain, seri ARC S tak berbeda jauh dengan pendahulunya ARC. Mulai dari segi ukuran, bobot, dan layarnya masih menggunakan spesifikasi yang sama. Namun di luar itu semua, Sony Ericsson rupanya telah meningkatkan kemampuan prosesor serta menggunakan sistem operasi Android terbaru. Pasti Anda penasaran dengan performance dari generasi ARC terbaru ini. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi, simak ulasannya berikut.

CURVE DESIGN

Sekilas penampilannya terlihat bahwa ARC S memiliki desain yang flat atau datar bila dilihat dari bagian depan. Namun bila Anda tempatkan ARC S di permukaan datar seperti meja, Anda akan melihat lekukan yang dinamis di bagian belakang bodinya. Hal tersebut dirancang sedemikian rupa bukanlah tidak ada alasannya, melainkan untuk memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi bagi para penggunanya. Dari segi ergonomis sendiri, lekukan bodi bagian belakangnya memang terasa nyaman di genggaman tangan kami dan terasa pas dengan telapak tangan.

Satu hal yang paling penting selain desainnya adalah dimensi serta bobot dari smartphone itu sendiri. Sony Ericsson merancang ARC S dengan dimensi yang sama serta bobot yang sama dengan seri ARC. Dimensi Sony Ericsson ARC S adalah 125 x 63 x 8.7 mm, sedangkan untuk bobotnya mencapai 117gram. Dengan demikian, Anda bisa membawa smartphone ini kemanapun Anda pergi dan menggunakannya kapan saja dibutuhkan. Bahkan ARC S masih bisa disimpan ke dalam saku pakaian maupun celana ataupun ke dalam tas kecil sekalipun.

Selain itu, Sony Ericsson turut menempatkan berbagai macam tombol pintas untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari port mini HDMI, port USB 2.0, tombol kamera, tombol pengatur volume suara, hingga tombol shutter kamera terletak di posisi yang berbeda-beda namun tetap mudah dijangkau dengan cepat. Dengan demikian penempatan tombol-tombol tersebut terbilang cukup efektif untuk melakukan berbagai aktivitas tertentu, seperti mengambil foto, mendengarkan musik, dan sebagainya.

HIGH PERFORMANCE

Jangan pernah menilai sesuatu dari ukurannya. Hal tersebut berlaku untuk Xperia Mini. Kendati ukurannya yang kecil, SE tidak sembarangan membenamkan fitur-fitur yang ada  di dalam Xperia Mini. Seperti yang disinggung sebelumnya, prosesor yang digunakan oleh Xperia Mini adalah 1GHz Scorpion yang merupakan generasi prosesor keluaran Qualcomm yang tergolong handal untuk melakukan multitasking. Ketika kami jajal kemampuan multitasking Xperia Mini ini, kami cukup terkesima. Kami pun mencoba untuk membuka berbagai macam aplikasi standar yang sudah terinstal di dalam smartphone ini, dan benar saja semua aplikasi dapat berjalan dengan baik.

Selain aplikasi standar, kami mencoba untuk membenamkan berbagai macam aplikasi game yang support dengan ukuran layarnya. Kendati layarnya kecil, kami cukup nyaman untuk memainkan beberapa game, bahkan gerakan game yang kami mainkan tetap terasa smooth. Bahkan kami coba instal beberapa aplikasi jejaring sosial, seperti Twitter, maupun Facebook. Hasilnya terbilang cukup puas. Anda dapat menikmati tampilan timeline Twitter cukup dari aplikasi Timescape yang sudah tersedia, dan update secara live. Bahkan Anda dapat melihat berbagai macam aktivitas teman-teman Facebook cukup melalui aplikasi tersebut dengan tampilan antar-muka yang unik dan menyenangkan.

Apa yang membuat hal tersebut terjadi? Kehadiran Android 2.3 (Gingerbread) dirasa sangat membantu kinerja smartphone yang satu ini. Seperti halnya dengan para vendor smartphone yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya, SE memiliki tampilan antar-muka yang unik dan tidak dimiliki oleh para kompetitor lainnya. Di bagian depan terdapat, lima buah laman widgets dan masing-masing laman bisa diisi dengan banyak widgets. Gerakan perpindahan halaman dari satu laman ke laman lainnya sangat smooth. Tidak hanya itu saja, di bagian keempat sisi lamannya Anda dapat menemui empat buah menu shortcut yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti menu utama, buku telepon, email, hingga perangkat multimedia. Anda cukup menekan tampilan menu yang ada di salah satu keempat sisi layar, maka akan muncul menu yang Anda inginkan.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak menggunakan smartphone yang satu ini. Kehadiran tombol QWERTY virtual sangat membantu untuk melakukan pengetikan khususnya pada smartphone layar sentuh. Namun, untuk Xperia Mini tampilan keyboard virtualnya tergolong sangat kecil bagi Anda yang memiliki jari cukup besar. Tak perlu khawatir, Anda cukup mengubah tampilan semula dalam mode portrait diubah menjadi landscape, dan akhirnya Anda dapat mengetik lebih leluasa lagi.

SECRET WEAPON

Mobile Bravia Engine (BE) menjadi senjata pamungkas dari si mungil ini. Dengan menggunakan BE ini, Anda dapat menikmati tampilan gambar video yang lebih jernih dan tajam lagi. Dengan demikian, Anda tetap bisa menikmati film dengan tampilan beresolusi tinggi HD dengan menggunakan Xperia Mini. Namun, ya terasa sekali ketidaknyamanan untuk menonton film HD di layar yang hanya seukuran 3 inci ini. Namun, di luar itu semua memang berbeda sekali hasil gambarnya ketika menonton film HD di Xperia Mini bila dibandingkan dengan milik kompetitor lainnya.

Cara kerja Mobile BE ini ialah untuk meningkatkan tampilan warna gambar agar lebih tajam dan cerah. Sehingga Anda akan mendapatkan hasil gambar yang terang dan nyaman dilihat bila dibandingkan dengan kompetitornya yang tidak menggunakan teknologi ini. Namun, bila dibandingkan Super AMOLED, tampilan Mobile BE masih kalah tajam.

HD VIDEO RECORDING

Di bagian belakang, Anda dapat menemukan fitur kamera beresolusi 5 MP yang dibekali dengan LED flash. Selain itu, fitur kameranya turut dibekali dengan beragam fitur tambahan, seperti Geo-tagging, image stabilization, smile and face detection, dan touch focus. Dengan ukuran yang kecil ini fitur kameranya terbilang cukup lengkap. Sedangkan dari sisi tampilan antar-muka, menurut kami terbilang cukup menarik. Anda dapat melakukan berbagai macam pengaturan di sana dengan mudah dan unik. Tampilan menunya menggunakan expandable menu, sehingga Anda dapat mengubah menu mana yang sering digunakan maupun menghilangkan menu yang jarang digunakan.

Kami coba lakukan pengambilan foto di area terbuka dengan kondisi cuaca pada sore hari. Kendati menggunakan sensor kamera yang cukup besar, 5MP, namun sangat disayangkan hasilnya kurang maksimal dan ada beberapa sisi dari foto tersebut yang kurang jelas terlihat. Sedangkan untuk pengambilan gambar di dalam ruangan, Anda dapat memanfaatkan LED flash. Hasil kilatan lampunya cukup baik dan menghasilkan gambar yang cukup terang untuk foto di dalam ruangan.


Selain untuk mengambil foto, kamera Xperia Mini bisa Anda andalkan untuk mengambil gambar bergerak dengan resolusi tinggi yang mencapai 720p. Hal pertama yang dilakukan ialah mengambil gambar di luar ruangan. Hasil rekaman video di outdoor terlihat cukup smooth dan suara yang terekam cukup baik didengar. Hanya saja, terkadang hasil rekaman videonya tidak terlalu jernih sehingga kerap ditemui spot yang sedikit kasar atau kurang tajam. Ketika kami coba untuk mengambil video di dalam ruangan, hasilnya cukup mencengangkan. Gerakan objek yang terekam oleh kamera, terlihat cukup smooth dan sensornya dapat membaca cahaya yang terdapat di ruangan tersebut serta menyesuaikannya dengan cepat agar hasil videonya tidak gelap.

Suitable For

Internet 30%
Photography 50%
Other (game, mobile office, etc) 20%

+

Hasil rekaman videonya patut diacungi jempol
Tombol shortcut yang memadai
Kualitas gambar yang HD dan suara yang kencang


Sedikit panas bila sering digunakan
Layarnya sedikit menyulitkan untuk mengetik

SPECIFICATIONS

Network: GSM 850/900/1800/1900; HSDPA 2100
Display: LED-backlit LCD, 3” (320 x 480 pixels) capacitive touchscreen, 16M warna
Dimensions: 88 x 52 x 16 mm
Weight: 99 gr
Memory : 512 MB RAM, 320 MB storage (internal); microSD up to 32GB (external)
Connectivity: Bluetooth v2.1 A2DP, SMS, MMS, Email, Push Email, IM, Micro USB v2.0, WiFi 802.11 b/g/n, DLNA, etc.
Camera: 5 MP, 2592х1944 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, image stabilization Features: Android OS, v2.3 (Gingerbread), 1GHz Scorpion processor, Adreno 205 GPU, A-GPS support, Java MIDP emulator, Document viewer/editor, etc
Battery:  Li-Ion 1200 mAh; Standby : 340 h; Talk time:  4 h 30 min

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 19, 2012 by in review and tagged , , .
%d bloggers like this: