Techie Update

Artikel Seputar Dunia Teknologi

Easy Way to Install Paid Android Apps For Free

Beragam aplikasi menarik menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengguna Android. Akan tetapi, rasa kecewa akan muncul ketika melihat aplikasi yang diinginkan ternyata berbayar.

Untungnya, sistem operasi keluaran Google ini memungkinkan platform aplikasi yang berjalan di Android dapat diinstal secara gratis dan mudah.Hal ini mirip dengan prinsip jailbreak untuk perangkat Apple (iPod touch, iPhone, iPad).

Hanya dengan sedikit trik, Anda dapat menikmati aplikasi berbayar Android secara cuma-cuma. Penasaran? Ikuti langkah-langkah berikut, dan pastikan apa yang Anda lakukan sudah tepat agar hasilnya sempurna.

1.    Pada dasarnya semua aplikasi memiliki file extension, dan untuk aplikasi Android adalah *.APK. Oleh karena itu, untuk memudahkan penginstalannya dibutuhkan installer. Untuk beberapa perangkat Android terbaru sudah bisa langsung menginstal file *.APK tanpa membutuhkan aplikasi installernya terlebih dahulu. Namun bila perangkat Android Anda tidak dapat menginstal file APK secara langsung maka disarankan untuk mengikuti langkah berikut ini.

2.    Langkah berikutnya, download atau unduh terlebih dahulu APK Installer atau App Installer. Anda dapat menemukannya dengan mudah di Play Store. Ada beragam pilihan aplikasi APK Installer atau App Installer. Aplikasi APK Installer lansiran Graphilos Studio maupun Potente bisa menjadi referensi untuk Anda. Sedangkan App Installer bisa Anda pilih keluaran FunTrigger maupun Infolife LLC.

3.    Melalui PC atau laptop Anda, Googling nama aplikasi berbayar yang sedang Anda inginkan dan diakhiri dengan kata APK dibelakangnya. Contoh: Camera Zoom FX APK. Bila beruntung, Anda akan mendapati hasil pencarian yang sesuai dengan harapan Anda. Sekedar catatan, sebaiknya berhati-hati untuk mengunduh aplikasi APK yang beredar di internet. Karena dikhawatirkan mengandung virus, maupun trojan yang bisa memata-matai data smartphone Android Anda. Gunakan aplikasi antivirus yang sudah banyak tersedia di Play Store.

4.    Setelah mengunduh aplikasi file APK tersebut, hubungkan perangkat smartphone Android ke PC atau laptop Anda. Atau bisa juga Anda menancapkan memori microSD smartphone ke PC maupun laptop.

5.    Pindahkan aplikasi file APK yang ada di dalam PC maupun laptop Anda ke dalam folder yang ada di dalam memori microSD Anda. Atau Anda bisa membuat folder baru di antara folder yang ada di dalam microSD.

6.    Pasang kembali memori microSD ke dalam perangkat smartphone Android Anda. Masuk ke dalam menu Settings, lalu pilih Applications. Di sana Anda akan menemui pilihan menu Unknown Sources. Anda cukup mencentangnya untuk mengaktifkan menu tersebut. Hal ini memungkinkan Anda untuk menginstal beragam aplikasi Android di luar Play Store.

7.    Gunakan aplikasi APK Installer yang sudah terinstal di dalam smartphone untuk membaca folder yang ada di dalam microSD Anda. Drive microSD Anda akan terbaca sebagai: path: /sdcard atau /mnt/sdcard. Pilih folder yang berisikan file APK.

8.    Klik file APK tersebut, dan tunggu beberapa saat hingga proses peingistalan berjalan dengan baik. Enjoy your apps.

Note: Tak jadi soal aplikasi Android yang Anda unduh versi berapa pun. Karena setelah terinstal dengan baik di dalam smartphone Android, Anda bisa mengupdate aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 27, 2012 by in tips n' trick and tagged , , .
%d bloggers like this: