Techie Update

Artikel Seputar Dunia Teknologi

LG Optimus L7 II Dual Series P715 – Ringan dan Bisa Diandalkan

1

Semakin sengitnya persaingan pangsa pasar smartphone membuat beberapa vendor harus memutar strategi untuk memenangkan persaingan. LG yang merupakan salah satu vendor ternama untuk perangkat elektronik khususnya smartphone asal Korea Selatan ini harus bisa melakukan inovasi agar tidak terlindas kejamnya persaingan bisnis dengan vendor senegaranya, Samsung yang semakin meroket tajam melampaui Apple dan meninggalkan jauh ke belakang para pesaingnya.

LG memperkenalkan generasi terbaru dari seri Optimus yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010. Sejak tiga tahun yang lalu, seri Optimus digadang-gadang sebagai seri yang mumpuni dengan kelengkapan fitur yang diusungnya. Di tahun 2013 ini LG memperkenalkan varian smartphone terbaru yang mengusung dual simcard, yakni Optimus L3 II single dan dual SIM, L5 II single dan dual SIM, serta L7 II single dan dual SIM. Kali ini penulis khusus membahas mengenai LG Optimus L7 II dual simcard series yang memiliki kelengkapan fitur dibandingkan seri L3 II maupun L5 II dual simcard.

5

Elegan, Ramping dan Ringan

Siapapun pasti setuju bila penampilan para model yang berjalan di atas catwalk terlihat sangat elegan dengan lekuk tubuhnya yang ramping dan menawan. Begitu pula ketika Anda melihat Optimus L7 II dual series yang satu ini. Penampilannya mampu memberikan kesan pertama yang menawan dan elegan.

Dari segi dimensi, L7 II dual series terlihat ramping dengan ukurannya yang hanya 122,2×66,6×9,7mm. Selain dimensinya yang ramping, LG Optimus L7 II dual series ditopang dengan bobotnya yang hanya 115,5 gram. Dua hal tersebut membuat smartphone ini untuk disimpan di dalam kantong pakaian maupun saku celana tanpa mengorbankan kenyamanan berpakaian Anda sehari-hari dan bisa dibawa kemana saja.

Bila Anda menggenggam smartphone ini, maka akan terasa sekali lekuk bodinya yang ergonomis dan nyaman di tangan. Ditambah lagi LG merancang bagian backdoor baterainya dengan tekstur anti-slip yang menjaga smartphone tetap terpegang dengan mantap oleh Anda meskipun telapak tangan dalam kondisi berkeringat atau basah. Sedangkan di bagian sampingnya, Anda akan menemukan aksen krom yang cukup kuat untuk memberikan kesan mewah pada smartphone ini.

2

Layar yang besar

Tak dapat dipungkiri, penampilan seri L7 II Dual series tak jauh berbeda dengan seri L3 II series dan L5 II dual series. Hal yang membedakan dari ketiganya adalah ukuran layarnya yang diusung L7 II dual series lebih besar,  yakni 4,3 inci (480x800pixels). Di bagian bawah layarnya, terdapat empat tombol touchpad tersedia untuk memberikan kemudahan pengoperasiannya.

7

Layar LCD yang digunakan oleh smartphone ini sudah dilengkapi dengan teknologi IPS sehingga mampu menawarkan kenyaman penggunaan sebuah smartphone layar sentuh seutuhnya. Anda tidak akan menemukan lagi panel LCD yang berpedar ketika menyentuh layarnya. Dan tentu saja warna-warna yang keluar dari panel LCD ini akan terlihat lebih terang dan nyaman di mata.

Melalui sebuah software pengukur fps, GPU Adreno 203 yang disematkan ke dalam  Optimus L7 II dual series ini memiliki nilai yang cukup menggembirakan, 56,2 fps. Apa artinya? Artinya adalah bila Anda memutar video dari perangkat ini, maka tak akan menemukan lag time alias tampilan video akan terlihat smooth dan tidak patah-patah.

Kinerja yang Baik

Meskipun saat ini banyak bermunculan perangkat smartphone yang mengusung Quad core, namun LG tetap mempercayakan kemampuan Optimus L7 II dual series dengan menggunakan prosesor dual core 1GHz Cortex A5 keluaran Qualcomm MSM8225 Snapdragon. Lantas bagaimana dengan kemampuannya?

3

Pertama yang dilakukan adalah menjajal kemampuan smartphone ini dengan menggunakan software benchmark. Skor akhir dari pengukuran tersebut memang tidak ditujukan untuk menggunakan smartphone ini dalam pengoperasian sehari-hari terutama dalam hal grafis maupun pemrosesan data yang berat. Setelah selesai melakukan benchmarking, maka dilanjutkan dengan bermain game. Angry Birds merupakan salah satu game yang dimainkan melalui smartphone ini. Dari segi tampilan grafis, maupun kinerjanya selama permainan berlangsung tidak mengalami kendala. Anda dapat memainkan game tersebut dengan lancar dari awal hingga akhir permainan.

Puas bermain Angry Birds, dilanjutkan dengan memainkan game terbaru, Fast & Furious 6, The Game. Ini adalah game balapan yang diangkat dari film layar lebar Fast & Furious 6. Awalnya agak ragu untuk memainkan game ini mengingat Fast & Furious 6, The Game terbilang permainan yang baru saja dirilis dan tentunya memiliki grafis yang berat. Namun, setelah game ini mulai dimainkan, LG Optimus L7 II Dual Simcard mampu menunjukan kinerjanya yang sesungguhnya. Permainan Fast & Furious 6, The Game bisa Anda mainkan sangat mulus dan bisa menikmati tampilan grafis yang menarik selama permainan berlangsung.

4

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan smartphone dual simcard, mungkin agak sedikit kesulitan beradaptasi dalam hal melakukan panggilan telepon ataupun mengirim pesan sms. Meskipun simcard A dan B aktif secara bersamaan, namun untuk melakukan panggilan telepon dan SMS harus dipilih salah satu simcard yang ingin digunakan. Sekedar catatan, setiap simcard yang aktif akan ditandai dengan warna yang bisa Anda atur sendiri, seperti simcard A bisa Anda tandai dengan warna merah, dan simcard B dengan warna lainnya yang mudah diingat. Pada saat menukar simcard A ke B maupun sebaliknya sangatlah cepat dan mudah. Hal tersebut berkat dibenamkan tombol switch yang berada di bawah layar sebelah kanan untuk memudahkan Anda memilih simcard yang ingin digunakan untuk melakukan panggilan telepon ataupun mengirim SMS.

Kinerja multitasking ponsel pintar yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Beberapa aplikasi dijalankan satu per satu, dan benar saja kinerjanya berjalan dengan baik. Aplikas-aplikasi yang dijalankan tetap berjalan dengan baik, meskipun prosesor dibebani dengan tumpukan aplikasi yang sedang running. Hanya saja, ketika Anda bolak-balik dari menu Home lalu membuka aplikasi yang sedang dijalankan maupun sebaliknya, terdapat sedikit lag time namun hal tersebut tidak mengganggu kinerja smartphone ini secara keseluruhan. Begitu pula ketika membuka banyak situs via browser ponsel pintar ini, tidak sedikit pun mengalami kesulitan. Baik membuka situs yang berformat mobile maupun full website, bisa dibuka melalui browser yang ada di dalam LG L7 Dual ini.

Fitur Dolby Mobile

Salah satu fitur yang menarik perhatian dari smartphone LG terbaru ini ialah kehadiran Dolby Mobile untuk mendukung musik agar lebih enak didengar. Namun untuk merasakan fitur ini, Anda harus menancapkan earphone terlebih dahulu. Anda yang memiliki kuping peka pasti bisa merasakan perbedaan sebelum maupun sesudah fitur ini diaktifkan. Namun sangat disayangkan, tidak tersedianya fitur pengatur suara atau Equalizer.

Kamera 8MP

Seperti halnya smartphone lainnya, LG Optimus L7 Dual ini dilengkapi dengan kamera di bagian depan dan belakang. Khusus untuk kamera belakang, LG menyematkan sensor beresolusi 8 MP (3264 x 2448 pixels) dengan LED flash. Sedangkan di bagian depannya, hanya dibekali dengan kamera VGA. Kemampuan kameranya pun diuji lebih jauh lagi, baik untuk digunakan sehari-hari di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Kamera 8MP yang digunakan oleh smartphone ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya khusus untuk di luar ruangan. Foto akan terlihat jelas, jernih dan detil yang ditangkap lebih banyak. Sedangkan untuk foto di dalam ruangan dengan cahaya yang cukup, foto tetap terlihat jelas namun sangat disayangkan muncul noise walaupun sedikit. Hal ini akan diperparah bila Anda mengambil foto di ruangan yang minim cahaya. Kilatan lampu LED flash yang diusungnya tidak membantu banyak ketika Anda mengambil foto di dalam ruangan yang minim cahaya. Satu hal yang perlu diingat, kecepatan untuk membuka shutter atau rana terbilang masih lambat, sehingga apabila Anda ingin mengabadikan momen atau foto yang bergerak sebaiknya lupakan saja. Karena hasil fotonya akan blur dan tidak jelas. Kamera ini hanya diperuntukan bagi Anda yang gemar memfoto dalam keadaan santai dan tidak sedang terburu-buru.

Beberapa hasil foto:

LG 3 LG 2 LG 1 LG 4

Suitable For

Internet 35%
Photography 30%
Other (multimedia, game, etc) 35%

+

Kinerjanya tidak mengecewakan
Tombol touchpad sangat membantu untuk pengoperasian sehari-hari
Tampilan layarnya nyaman di mata
Pindah dari simcard A ke B maupun sebaliknya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat
Asyik diajak bermain game
Baterainya awet

Tidak tertera SIM A, SIM B di dalam slot simcard
Kamera kurang gesit mengabadikan objek
Suara speaker bawaan kurang empuk di telinga
Kamera depan hanya dibekali resolusi VGA

SPECIFICATIONS

Network: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2; HSDPA 900 / 1900 / 2100
Display: LCD berteknologi IPS berlayar sentuh capacitive, 16M colors (480 x 800 pixels), 4.3 inches (~217 ppi pixel density)
Dimensions: 122.2 x 66.6 x 9.7 mm (4.81 x 2.62 x 0.38 in)
Weight: 115.5 g
Memory : 4 GB, 768 MB RAM (internal); microSD up to 32GB (external)
Connectivity: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, DLNA, SMS, MMS, Email, Push Email, IM, HTML, etc.
Camera: 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, Video: 480p@30fps
Features: Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean), Dual-core 1 GHz Cortex-A5, Qualcomm MSM8225 Snapdragon, A-GPS support, Java MIDP emulator, Document viewer/editor, etc
GPU: Adreno 205 GPU,
Battery:  Li-Ion 2460 mAh; Standby : 800 h; Talk time: 9 h 30 min

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 9, 2013 by in review and tagged , , , , , , .
%d bloggers like this: